Kiat Menulis di Blog

Kiat Menulis di Blog

Jika Anda senang menulis dan merasa memiliki banyak inspirasi, ide dan bakat jurnalistik yang masih terpendam maka cara pelampiasan yang tepat dan terarah adalah dengan mencoba menulis. Selain dapat mengasah kemampuan jurnalistik, menulis juga dapat meningkatkan wawasan dan kemahiran dalam mengungkapkan informasi melalui sebuah coretan-coretan tangan (baca:menulis). Sesuatu yang bisa mendatangkan keuntungan secara finansialpun dapat kita dapatkan jika kita sudah mampu “menjadi orang” dalam dunia tulis menulis”.

Tapi, yang jadi masalah bagi penulis pemula adalah kebingungan mengenai darimana dan dimana kita mulai menulis?. Kalau itu yang dipermasalahkan, coba gunakan cara yang mudah tapi cukup mujarab, yaitu menulis di blog yang kita buat. Blog merupakan salah satu media praktis dan cepat dalam upaya memperkenalkan tulisan kita kepada orang lain. Oleh karena itu lakukan langkah-langkah berikut :

  1. Buatlah sebuah blog pribadi. Ada banyak penyedia blog secara gratis        seperti blogger (blogspot), wordpress, atau yang lainya (cukup banyak)
  2. Cukup buat 1 blog saja. Supaya fokus menulis, sebaiknya hanya membuat 1 blog saja. Karena blog yang terlalu banyak membuat tulisan kita terbagi-bagi dan menjadi tidak fokus.
  3. Menulislah dari yang paling kita sukai. Tema yang kita sukai dan kuasai akan dapat memperlancar subsidi tulisan ke dalam blog. Sedangkan memaksakan diri menulis sesuatu yang tidak kita sukai dan kuasai malah akan membuat tulisan kita kurang bermutu.
  4. Tulislah apa adanya. Menulis apa adanya selain mempermudah proses penulisan juga dapat membantu pembaca dalam melihat gaya dan pribadi penulisnya
  5. Menulis yang actual. Tulisan kita di blog akan mudah ditemukan lalu dibaca orang jika kita sering menyajikan hal-hal actual (yang sedang menjadi pusat perhatian).
  6. Seringlah meng-update tulisan kita. Membuat blog ibarat kita memelihara tanaman atau hewan kesayangan yang harus kita selalu tengok untuk melihat perkembangannya. Singkatnya, jangan ditelantarkan setelah kita membuatnya.
  7. Siap terima kritikan. Jika tulisan kita dikomentari oleh pembaca, kita harus mau menerima selagi itu dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas tulisan kita.

Ini saja dulu tips yang dapat sya berikut. Insya Allah, lain waktu kita sambung

  1. tipsnya bagus tuh untuk pemula yang ingin mencoba kiat menulis di blog,,,
    di tunggu sambungannya yah,,,

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: