Tips Berkendara Sepeda Motor Saat Hujan

Tips Berkendara Sepeda Motor Saat Hujan

Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak diminati. Selain harganya lebih terjangkau (jika dibandingkan mobil), sepeda motor dinilai lebih praktis dan lebih irit bahan bakarnya. Hanya, jika dibandingkan mobil, sepeda motor tidak dapat melindungi pengendaranya dari terik matahari, hujan dan debu. Jika karena terik matahari dan debu, si pengendara dapat mensiasatinya dengan memakai kaca mata gelap, helm tutup dan sarung tangan, lalu bagaimana dengan hujan?

Nah, bagi anda yang kebetulan sedang tanggung berada di atas jok sepeda motor di saat hujan atau sengaja berkendara motor disaat hujan, sebaiknya memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa saran berikut :

  1. Pastikan anda menggunakan jas hujan. Jas hujan penting untuk selalu dibawa, apalagi saat musim hujan tiba. Usahakan lebih memilih jas hujan dengan model baju celana. Model jas hujan ini lebih aman digunakan.
  2. Pastikan anda menggunakan helm dengan kaca transparan. Jangan menggunakan helm dengan kaca gelap, karena di saat hujan dapat menjadi lebih menghalangi jarak pandang disebabkan kaca yang berembun.
  3. Pastikan ban motor anda tidak dalam kondisi botak. Ini untuk menghindari tergelincir disaat pengereman mendadak apalagi di saat jalan yang sangat licin karena hujan.
  4. Pastikan tidak dalam keadaan hujan yang disertai tiupan angin kencang. Kondisi hujan angin sangat beresiko. Selain dapat membuat oleng posisi sepeda motor, angin kencang dapat merobohkan pohon atau papan reklame yang dapat mengancam jiwa pengguna jalan.
  5. Selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.
  6. Jika harus berteduh, carilah tempat yang aman. Hindari berteduh di bawah pohon besar atau di gardu listrik. Carilah tempat berteduh yang aman seperti warung, rumah, atau gedung-gedung yang dapat disinggahi.
  7. Senantiasa berdoa memohon perlindungan dan keselamatan.

Mudah-mudahan bermanfaat.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: